Pages - Menu

Rabu, 27 Februari 2013

Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional




1. Gamelan

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya/alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul/menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa,Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ansambel. Seperangkat gamelan biasanya terdiri atas bonang, saron, gender, rebab, siter, gong, kendang dan suling. 



2. Angklung


Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dariUNESCO sejak November 2010.



3. Kolintang




Kolintang (atau kulintang) adalah alat musik perkusi yang terbuat dari bilah kayu dengan kotak resonansi dibawahnya. Dimainkan dengan cara dipukul . Di Indonesia kolintang dihubungkan dengan orang Minahasa dari Sulawesi Utara, namun kolintang juga terkenal di Malukudan Timor.





4. Sasando
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikhlMAigBX7R5u91ygDWgLerEJerPe63FRpgF9OESdyu7QpiuuwxHPzM-qDTFTOHwCIuLkt1KnCP2747QPZW4ihcRmeS3v5h0X0OLaljm15mWQeJxmT0sDPnc1T7rVPcYBKndjhZOsu68/s320/1.jpg


Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi. Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu.






5. Sampek / Sape’
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJz787Tt1xiBWSLa7d2Q43Ib7dYgU26sgkUKEskOKmUHLENSAZjDc8hQeoWOofQsydqUJOfXXk048FJOL3Ta8Kkpruvci_DLiYyVnaX_7TVUNkdyLZ1dgpSljXMRh__ULkXGF0MNnU6Cc/s1600/2.jpg



Sampek adalah alat musik tradisional Suku Dayak Kayaan yang berada di Kalimantan Barat. Bentuknya berbadan lebar, bertangkai kecil, panjangnya sekitar satu meter. Alat musik ini terbuat dari berbagai jenis kayu. Namun, yang paling sering dijadikan bahan adalah kayu arrow, kayu kapur, dan kayu ulin dan dibuat secara tradisional. Proses pembuatan bisa memakan waktu berminggu-minggu. Dibuat dengan 3 senar, 4 senar dan 6 senar. Biasanya sampek akan diukir sesuai dengan keinginan pembuatnya, dan setiap ukiran memiliki arti.




6. Talempong

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit266JHO9Bq3r1k-ZUYhqslfNzijVVbp9ZshgFB-anKK1FipFtu5uATEAk7ugUDW_pqaRwzMscRB-7cxi9hJU7-Or0ZOIpzmus3TZXY_6od8dgDBl3f5cU09P6zuEKGvb4UGyGFcYxe3E/s320/talempong-1-set.jpg
Talempong adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan. Talempong berbentuk lingkaran dengan diameter 15 sampai 17,5 sentimeter, pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda. Bunyinya dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya.Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring yang khas, Tari Pasambahan, dan Tari Gelombang. Talempong juga digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa. Talempong ini memainkanya butuh kejelian dimulai dengan tangga nada do dan diakhiri dengan si.Talempong diiringi oleh akord yang cara memainkanya serupa dengan memainkan piano. 


7. Tifa

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1NFwGafjCYTriKm8WlvWLSLnGj2jO6qyC7bdg2qPVV5kzUZhOqpdHQrBlLcru0jXfEYLAb8CQFMKpwXmLRETVvphnKb_TwhNJDqrsILfe0qfVY_d0c3SxM2mmAmgIAQGhFE3qKsXUHws/s1600/images.jpg


Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.
Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian daerah lainnya seperti tari Lenso dari Maluku yang diiringi juga dengan alat musik totobuang, tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar